Imunoterapi Kanker adalah Harapan dunia Medis



Duduk sendiri melihat arah lampu merah berubah, menunggu seorang wanita tua bertubuh kecil lemas kluar dari ruangan tersebut. Kulitnya sudah sangat kering, tubuhnya begitu kurus, hingga rambutnya pun telah rontok. Untuk berjalan pun perlu bantuan. Ya, saya memanggilnya Mama mertua. Sudah sejak tahun 2016 kurang lebih, Mama mertuaku berjuang melawan kanker payudara. Macam-macam pengobatan telah dilakukan dari mulai minum herbal, alternatif, kemoterapi hingga obat-obat Dokter tidak terputus selama beberapa tahun, dan akhir desember 2019 beliau drop lagi. Lalu segera dianjurkan Dokter untuk Penyinaran karena kankernya sudah berjalan ke tulang sehingga mama mertua sulit untuk sekedar duduk atau tiduran. 

Tak lama, saya mendengar pengobatan dengan metode IMUNOTERAPI Kanker melalui beberapa artikel di dunia maya. 

Sebagaimana yang kita ketahui, Kanker merupakan salah satu penyakit kronis yang menjadi penyebab kematian jutaan penduduk di dunia. Kanker adalah penyakit yang disebabkan oleh pertumbuhan sel abnormal yang tidak terkendali didalam tubuh karena pembiakannya yang cepat. Pertumbuhan sel abnormal tsb dapat merusak sel normal disekitarnya maupun bagian tubuh lain. Namun seiring kemajuan teknologi, sejumlah uji klinis telah menemukan metode pengobatan atezolizumab yang anti PD-L1 dimana dapat menjadi harapan hidup baru bagi penderita.

Apa itu Imunoterapi Kanker ?
Imunoterapi adalah jenis pengobatan kanker yang menggunakan atau membantu sistem kekebalan sel-sel tubuh kita sendiri untuk melawan kanker. Pengobatan ini bekerja dengan beberapa cara diantaranya, mendorong sistem kekebalan tubuh dengan cara yang sangat umum. Sisanya melatih sistem kekebalan tubuh untuk menyerang sel-sel kanker secara khusus.

www.kalahkanker.com/imunoterapikanker

Jadi, anggaplah tubuh kita adalah rumah. Sistem imun adalah tentara, lalu virus / penyakit adalah Maling. Saat kondisi Tentara kelelahan banyak yang gugur sementara, tubuh cukup lemah memproduksi tentara jadilah maling-maling masuk ke dalam rumah.
Disinilah fungsi Imunoterapi kanker yang dapat melatih kembali sistem imun untuk lebih aktif & bekerja lebih keras dalam membunuh sel-sel asing seperti kanker. Ibarat tentara yang diberi pelatihan ekstra , diberi vitamin, supaya lebih tangguh, teliti, dan mampu membunuh kanker tanpa melukai sel-sel normal lainnya. Dimana tentara tsb dibagi yakni sebagian untuk mendeteksi adanya maling bertopeng  dan sebagian tentara akan menerima informasi tsb lalu membunuh Maling / sel kanker tsb. 
Keren ya ternyata tubuh kita memiliki kekebalan tubuh yang super canggih. Nah, sampai sini berasa nonton Superhero gitu nggak sih? Seperti Captain America atau IronMan.. jiah, mulai halu. Cari tahu lebih lanjut yuk.. 

Pada kondisi normal, sistem imun tubuh berfungsi untuk mendeteksi dan menghancurkan sel asing /abnormal didalam tubuh dengan mengerahkan pasukan sel-T.
Cara kerja Sistem Imun :
  • Mencari ; Sel T mencari semua hal yang berbahaya bagi tubuh
  • Memindai ; Sel T memindai sel-sel untuk membedakan antara sel yang normal & abnormal
  • Menyingkirkan ; ketika terdeteksi , sel asing tsb diserang dan disingkirkan oleh sel T.
Dalam proses tersebut sistem imun memiliki kemampuan memori tentang sel-sel normal sehingga mengetahui bila ada yang berbeda.

Berikut ini, Siklus imunitas kanker / tahapan bagaimana sel-T melawan sel kanker :

www.kalahkankanker.com/imunoterapikanker


Tapi, kenapa sel T ini mengingatkan saya pada film Terminator ya, sebuah robot cyborg yang diprogram untuk membunuh manusia tertentu dan cyborg satunya sbg pelindung manusia, robot tsb diberi nama T-800 & T-850 . 🤔 Wokelaah... balik ke jalur yang benar ya...

Tubuh memiliki siklus imunitas / kekebalan terhadap kanker. Namun Kanker termasuk penyakit Cerdik dengan kemampuannya berkamuflase dan pertumbuhannya yang cepat. Pada permukaan sel kanker terdapat protein PD-L1 yang menjadi penghalang bagi sel T untuk mengenalinya sebagai sel asing. Ibarat Maling yang bertopeng mampu mengelabui polisi. ( kanker bisa sulap juga ya.. )
Peran Imunoterapi dibutuhkan untuk memblokir PD-L1 agar sistem imun kita dapat mendeteksi adanya kanker. Mungkin mirip alat sensor keaslian uang ya, yg terlihat asli namun, begitu di scan ternyata palsu ya..ya.. iya ga?

Hingga kini berbagai penelitian sedang dilakukan untuk mengevaluasi seberapa besar pengaruh pengobatan dengan Imunoterapi. Hal ini dapat membantu para dokter untuk menentukan pasien mana yang memiliki kecenderungan lebih besar untuk merespon Imunoterapi secara monoterapi, dan mana yang memerlukan kombinasi dengan obat-obatan lainnya. Imunoterapi memiliki efek samping lebih rendah dibanding kemoterapi.

Menurut Dokter Spesialis Penyakit Dalam Dr dr Ikhwan Rinaldi, SpPD-KHOM, Kemo bukan hanya membunuh sel kanker, tetapi dia bisa mengenai yang lain dan menimbulkan efek samping seperti leukosit turun, HB-nya (sel darah putih dan merah) turun. Kemudian kemo juga membuat rambut mengalami kerontokan sementara, Efek Samping Imunoterapi seperti alergi ringan pada kulit, diare,  hingga demam. Tetapi efek tsb bisa dikendalikan oleh dokter yang menangani. 

Sungguh mulia tugas dan tanggung jawab para medis, meski imunoterapi merupakan harapan baru tapi segala evaluasi masih dalam tahap perkembangan. Semoga segala ilmu- ilmu terbaik dapat dimanfaatkan untuk kebaikan seluruh umat manusia.

Mengingat kanker adalah penyakit yang berbahaya ada baiknya kita mengetahui Gejala- gejala tumbulnya kanker yakni :
  • Muncul benjolan
  • Nyeri disalah satu bagian tubuh
  • Pucat, lemas dan cepat lelah
  • Penurunan berat badan secara drastis
  • Gangguan buang air besar / kecil
  • Batuk kronis
  • Demam yang terus berulang
  • Memar dan alami pendarahan secara spontan
Bila terdapat tanda-tanda tsb mohon untuk menghubungi dokter dan konsultasikan lebih lanjut.

Dokter Spesialis Penyakit Dalam Dr dr Ikhwan Rinaldi, SpPD-KHOM, mengatakan "Sel T ini diproduksi di sumsum tulang kita setiap hari dan dimatangkan di kelenjar getah bening."


Yang artinya, tubuh kita memproduksi sistem imun berasal dari asupan kita sehari-hari . Yuk kita perbaiki pola makan, olahraga yang teratur, hindari stres, Istirahat yang cukup dan hindari junkfood. Sehat pilihan kita. Yuk, kita berdayakan diri dan saling berbagi hal-hal positif guna produktifitas yang berkualitas. 
Salam sehat. 



#KalahkanKankerdenganImunoterapi
@mothersonmission.id

Referensi penulisan :
  • https://kalahkankanker.com/imunoterapikanker/
  • https://kalahkankanker.com/
  • https://m.bisnis.com/lifestyle/read/20190726/106/1129311/imunoterapi-inilah-obat-kanker-terbaru-di-indonesia-#
  • https://www.roche.co.id/id/sekilas_tentang_roche/lingkup_usaha/farmasi/onkologi/imunoterapikanker/Siklus-Imunitas-Kanker.html
  • https://www.inews.id/lifestyle/health/mengenal-anti-pd-l1-imunoterapi-untuk-pengobatan-kanker-stadium-lanjut
  • https://www.alodokter.com/penyakit-kanker

Komentar

Postingan Populer