Puput Pusar & Tindik Anting

Tepaaat banget hari ke-7.. salma puput tali pusarnya, alhamdulilaah...
Sekarang bundanya jadi lebih tenang mandiin kamu ya...:)
Semasa tali pusarnya masih menempel pada bayi, aku hanya berani memandikannya dengan waslap saja serta selalu mengganti kapas yang membungkus tali pusarnya secara rutin dan usahakan tidak membiarkan bayi terlalu lama tanpa busana.. karena normal suhu bayi adalah 36-37 C.

Alasan aku hanya berani melap-lap dia tiap mandi karena bila tidak sengaja tali pusarnya putus tidak dengan sendirinya akan terjadi pendarahan dari tali pusarnya dan infeksi? bisa besar kemungkinannya looh...
Hm.. Cuma setelah puput.. aku mulai memandikannya dengan membilasnya di bak mandi. Tentunya perlahan tetap sebagai awal tanda mandi.. aku selalu membasuh wajah & rambutnya terlebih dahulu kemudian cemplungin deeh ke bak :D  (namun hal tsb aku lakukan setelah minimal puput / sudah 30-40 hari, soalnya tubuh dan kulitnya yang masih tipis dan rentan jadi takuuut ... (>.<) )

Cara membersihkan alat kelamin perempuan yakni dari depan (vagina) ke arah belakang (anus), kalo kamu perhatiin pada bayi perempuan terkadang ada yang mengeluarkan haid / sejenis keputihan 3-5 hari, ada juga yang buah dadanya membesar. Hal ini normal karena pengaruh sisa hormon ibu sewaktu hamil.. tenang aj itu akan hilang sendiri. Ada yang bilang untuk menghilangkan sisa kotoran2 dari vaginanya dapat dilakukan dengan tradisional yaitu daun mariyana (umumnya berwarna pink tua keungu2an..). Ambil daunnya, cuci bersih, lumuri minyak kelapa dan bakar sebentar kemudian letakkan pas di bibir V-nya.
Untuk buah dadanya yang membesar info dari mamaku dipijat memutar pelan2 putingnya, rasakan ada dikit benjolan? naah itu sisa ketuban ibu, setelah dipijat pelan dipencet2 dikit supaya kluar airnya gcuu...

Untuk mengurangi kembung pada perut bayi.. dapat diberikan daun jalar/ jalak (warna hijau dan ukurannya lebih besar dari daun maryana) cuci bersih, lumuri minyak kelapa, bakar sebentar dan letakkan pas diatas perutnya bungkus dengan gurita deeh..
Untuk mata bayi yang bening & bersih yakni dengan kembang XXXX  ( warnanya biru ), cuci bersih rendam dengan air hangat , diamkan hingga airnya berubah warna baru ditetesi ke mata bayi. nanti siapkan kapas basah untuk mengusap matanya bayi ya... takutnya saking banyaknya kotoran dimata, dek bayi susah melek.

Oiya.. kalo udah mandi.. aku hanya pakaikan minyak telon/ angin dan pelembap anti ruam tanpa bedak. Hal itu karena bubuk dari bedak dapat masuk ke rongga hidung / mulut sehingga mengganggu pernapasannya bayi yang dimana umur 0-6 bulan organ pencernaan / pernapasannya masih tahap perkembangan naah.. itu juga kenapa bayi hanya diperbolehkan mengkonsumsi ASI saja hingga 6 bulan (eksklusif).
Khusus tali pusar yang telah lepas /puput aku olesi betadi solution dengan cotton buds pada bekas pangkalnya selama masih nampak basah. Hm.. tradisi dari orang tua, letakkan koin dipusarnya dan tutup rapat dengan gurita supaya pusarnya gak bedong / keluar. Tapi, dapat juga kita menekan2 perlahan secara rutin dan sering di pusarnya ;)

Selang 1 hari puput, Salma ditindik.. hadiah dari eyang Uti & Akungnya .. Alhamdulilah...
Seperlunya saja tiap habis mandi, bagian lubang anting tersebut diberi betadi solution dengan kapas supaya tidak infeksi ya... 



Komentar

Postingan Populer